Biasanya konsentrasi yang buruk bisa timbul dari berbagai faktor, seperti karena banyak pekerjaan yang harus dilaksanakan sekaligus. Merupakan hal yang sulit untuk membagi pikiran kita pada berbagai kegiatan yang berbeda-beda. Juga faktor lainnya bisa jadi karena ada kebiasaan buruk anda yang membuat kinerja otak tidak dapat bekerja secara maksimal.

Terkadang konsentrasi sendiri merupakan suatu keterampilan, dimana ada yang berbakat dalam hal ini, ada juga yang tidak. Jadi, bisa dibilang kemampuan daya konsentrasi ini bisa ditingkatkan dengan berlatih. Jadi diperlukan yang namanya adaptasi dan konsisten karena ada beberapa pola hidup yang patut diubah.

Banyak minum air putih

Sudah banyak penelitian yang memverifikasi jika asupan cairan memengaruhi daya konsentrasi. Jurnal American College of Nutrition menyebutkan dehidrasi ringan saja dapat mengurangi 2% tingkat konsentrasi dan perhatian individu. Hanya tentu saja hindari meminum air dalam jumlah besar sekaligus karena konsentrasi pun bisa terganggu karena hasrat buang air.

Berolahraga

Aktivitas ini biasanya sering diabaikan ketika kamu sedang memiliki waktu yang padat, tapi percayalah, olahraga justru membantumu meningkatkan konsentrasi dan membuat aktivitas dapat berjalan dengan efektif. Karena kualitas konsentrasi sangat bergantung pada kebugaran fisik kamu dan tentunya untuk memperolehnya didapat dari olahraga.

Biasakan untuk “menyelesaikan sampai tuntas”

Hanya saja kebanyakan orang memilih untuk terus melompat tanpa arah dari satu hal ke hal yang lain tanpa menyelesaikannya. Sebetulnya hal ini akan menghancurkan kemampuan konsentrasi kamu karena salah satu syarat dalam melatih kemampuan konsentrasi adalah “konsisten”.

Jadi biasakan untuk belajar konsentrasi mengerjakan 1 proyek sampai selesai, barulah maju ke proyek selanjutnya. Dengan begini lebih efektif.

Tips Memudahkan dalam Berkonsentrasi dan Fokus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *